Asia Pasifik

Kapal Tanker Iran Meledak, China Tarik Semua Pekerja Bantuan

Mercinews.com, Beijing Kapal tanker minyak Iran yang tabrakan dengan kapal barang di Laut China Timur dilaporkan mengeluarkan ledakan yang cukup besar. Hal ini membuat pemerintah China menarik mundur semua kapal dan petugas bantuan mereka.

“Ada ledakan di kapal tanker minyak Iran yang tabrakan dengan kapal barang di Laut China Timur. Kapal darurat yang mencoba memadamkan api terpaksa menarik diri dari jarak aman setelah ledakan tersebut,” kata Kementerian Transportasi China, sepeti dilansir Sputnik pada Rabu (10/1).

Kapal tanker Sanchi (IMO: 9356608), yang dijalankan oleh operator pelayaran minyak Iran, National Iranian Tanker Co, bertabrakan pada hari Sabtu dengan CF Crystal (IMO: 9497050), membawa gandum dari Amerika Serikat, sekitar 160 mil laut (300 km) lepas pantai China dekat Shanghai.

Sanchi membawa 136.000 ton kondensat, minyak mentah ultra-ringan yang sangat mudah terbakar dan ke Korea Selatan (Korsel), setara dengan sekitar 1 juta barel dan bernilai sekitar USD60 juta.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan Korea Selatan (Korsel) menyatakan api yang membakar kapal tanker Iran tersebut dapat terus berkobar selama satu bulan lamanya.

“Kami percaya api akan berlangsung selama dua minggu atau satu bulan mengingat kasus kecelakaan tangki minyak sebelumnya. Yang kami khawatirkan saat ini adalah bahan bakar bunker, yang bisa mencemari air jika kapal tenggelam,” kata pejabat kementerian tersebut,[] Sindonews.com

Berikan Komentar
Ke Atas