Politik

Kamis Besok MK Putuskan Gugatan Kautsar-Tiong. Pengacara: Kami Optimistis Menang

Mercinews.com, Banda Aceh – Mahkamah Konstitusi dijadwalkan menggelar sidang putusan terhadap gugatan dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Kautsar dan Samsul Bahri (Tiong). Mereka mengajukan uji materil Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang menghapus dua pasal di Undang-Undang Pemerintah Aceh. Sidang ini akan digelar Kamis, 11 Januari 2018.

Sidang putusan ini digelar bersamaan dengan gugatan DPRA atas nama Tgk Muharuddin dan gugatan yang dilayangkan dua komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Roby Saputra dan Hendra Fauzi. 
Kami berharap rakyat Aceh menang dalam gugatan ini, karena ini adalah marwah Aceh dalam hal mempertahankan UUPA. Jika tidak, UUPA akan terancam terus dipreteli pasal demi pasal,” ujar Kamaruddin, kuasa hukum Kautsar-Tiyong, kepada KBA, Selasa, 9 Januari 2018. “Kami siap dengan apapun keputusan yang akan disampaikan majelis hakim pada persidangan itu.”

Ketika ditanyai langkah apa yang akan dilakukan, Kamaruddin mengatakan enggan mengomentari perihal tersebut.Namun dia optimistis gugatan ini berpeluang besar untuk dimenangkan.

Menurut Kamaruddin, pihaknya dalam persidangan sebelumnya telah berupaya maksimal dengan menghadirkan sejumlah saksi ahli yang di depan majelis hakim.

Sebelumnya, dua anggota DPRA dan lembaga DPRA dengan gugatan terpisah, menggugat UU Pemilu ke Mahkamah Konstitusi. Gugatan lainnya juga dilayangkan oleh dua komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Roby Syahputra dan Hendra Fauzi.

Gugatan itu dilayangkan karena dua pasal UU Pemilu, yaitu pasal 557 dan 571, yang telah disahkan DPR RI beberapa waktu lalu telah mencabut dua Pasal di dalam UUPA, yaitu pasal 57 tentang Komisi Independen Pemilihan dan pasal 60 tentang Panitia Pengawas Pemilihan di UUPA.[] Sumber:KBA.ONE

Berikan Komentar
Ke Atas