Pendidikan

Bupati Bireuen Saifannur Tandatangani MoU dengan Rektor IPDN

Mercinews.com, Bireuen – Bupati Bireuen Saifannur bersama Gubernur IPDN Ermaya Suradinata menandatangani MoU tentang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembinaan Camat serta Kepala desa di Kabupaten Bireuen, Senin (8/1) di Kampus IPDN.

Penandatangan MoU tersebut disaksikan Asisten III Setda Aceh Saidan Nafi , Ketua Gugus Tugas (task force) percepatan pembangunan kampus IPDN regional Aceh Dr Amri, dan Anggota DPR RI asal Aceh Firmandes.

Ketua Gugus Tugas (task force) percepatan pembangunan kampus IPDN regional Aceh Dr Amri mengatakan dalam pertemuan tersebut juga membahas terkait pembangunan kampus IPDN regional Aceh di kabupaten Bireuen.

“Bupati Saifannur dalam kesempatan itu menjelaskan kepada gubernur IPDN bahwa Bireuen merupakan tempat strategis untuk pembangunan karena berada di tengah-tengah provinsi Aceh,” kata Dr Amri.

Dr Amri menyebutkan, dalam pertemuan itu tidak memutuskan lokasi pembangunan IPDN karena itu bukan kewenangan bupati maupun gubernur IPDN.

“Jadi yang berkewenangan memutuskan atau mengambil kebijakan itu adalah presiden untuk IPDN tingkat Pusat dan IPDN di provinsi itu kewenangan gubernur, bukan bupati. Karena anggaran yang digunakan itu anggaran provinsi,” sebutnya.

Untuk diketahui, pembangunan kampus IPDN regional Aceh awalnya direncanakan di Sabang namun dibatalkan karena tidak memenuhi syarat. Kemudian dipilih Aceh Besar dan Bireuen sebagai bakal lokasi pengganti.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali pada tanggal 01 November 2017 mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo perihal kelanjutan rencanan lokasi pembangunan Kampus IPDN regional Aceh. Dalam surat itu, Mawardi Ali menjelaskan bahwa tim dari Kampus IPDN Jatinangor sudah pernah melakukan survey dan peninjauan lapangan terhadap rencana lokasi pembangunan Kampus IPDN regional Aceh dengan konsentrasi lokasi di Kabupaten Aceh Besar.

Dalam surat itu Pemkab Aceh Besar sangat berharap kepada Presiden agar pembangunan Kampus IPDN regional Aceh dapat dilanjutkan pada lokasi dimaksud (Aceh Besar). Dan dalam rangka percepatan proses belajar mengajar, Pemkab Aceh Besar akan menyerahkan bangunan gedung pada komplek kantor bupati lama dan tanah lebih kurang 40 hektare yang berlokasi di Jantho.

Atas surat dari Pemkab Aceh Besar itu, Kementerian Dalam Negeri melalui IPDN membentuk tim survei sesuai dengan surat tugas bernomor 090/1583/IPDN tertanggal 23 November 2017.

Dalam surat tugas itu, tim ditugaskan untuk melaksanakan survey pembentukan kampus IPDN di Provinsi Aceh di Kabupaten Aceh Besar dan Bireun. Tim sudah melakukan survei ke dua kabupaten tersebut sejak 27 November sampai dengan 1 Desember 2017.

berselang beberapa hari usai dilakukan survei, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf tertanggal 4 Desember 2017mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo terkait rekomendasi pembangunan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri regional Aceh. Dalam surat bernomor 892.1/44796 itu, Irwandi Yusuf merekomendasikan agar pembangunan Kampus IPDN di Kabupaten Bireuen.[]

Ke Atas