Internasional

Arab Saudi Tembak Jatuh Rudal Balistik Houthi Yaman, Jenisnya Qaher-2M

Mercinews.com, Riyadh – Militer Arab Saudi mengatakan bahwa pasukannya berhasil mencegat atau menembak jatuh sebuah rudal balistik yang ditembakkan ke negara itu oleh pemberontak Houthi Yaman.

Kelompok pemberontak itu juga mengaku menembakkan rudal balistik bernama Qaher-2M buatan Soviet.

Stasiun televisi pemerintah Saudi, Al Ekhbariya, melaporkan pada hari Jumat (5/1/2018), bahwa pasukan pertahanan Saudi mencegat rudal tersebut di atas wilayah udara Najran. Wilayah itu merupakan perbatasan Arab Saudi selatan dengan Yaman.

Rudal berhasil dicegat sebelum dapat mencapai sasarannya. Pasukan Saudi menggunakan sistem anti-rudal Patriot buatan Amerika Serikat (AS) untuk mengatasi serangan pemberontak Yaman itu.

Sementara itu, stasiun televisi Al Masirah yang dikendalikan kelompok Houthi melaporkan bahwa kelompok tersebut mengaku bertanggung jawab atas serangan rudal balistik jarak pendek dengan target basis militer di Arab Saudi.

Rudal Qaher-2M memiliki jangkauan hingga 400km. Kelompok Houthi mengklaim serangan rudal kali ini sebagai balasan atas beberapa serangan udara koalisi yang dipimpin Arab Saudi terhadap Saada, sebuah basis kubu Houthi yang terkenal miskin.

Arab Saudi, yang didukung oleh AS dan negara-negara lain, telah meluncurkan lebih dari 15.000 serangan udara terhadap sasaran Houthi sejak Maret 2015. Sedangkan kelompok pemberontak Yaman itu menembakkan puluhan rudal dengan target wilayah Kerajaan Arab Saudi.
(mas) Sindonews.com

Ke Atas