Otomotif

Yamaha R6 Terbaru Meluncur, Harganya Rp200 Jutaan

Setelah sempat beredar videonya beberapa waktu lalu, pabrikan sepeda motor Yamaha akhirnya meluncurkan supersport anyar mereka, YZF-R6. R6 2017 memiliki sejumlah penyegaran dari generasi sebelumnya.

Seperti yang dilansir Paultan, Senin 27 Maret 2017, Yamaha R6 terbaru itu menggendong mesin 599 cc DOHC yang dapat menyemburkan tenaga hingga 116,7 hp pada 14.500 rpm dengan torsi sebesar  61,7 Nm pada 10.500 rpm. Yamaha mengklaim ini merupakan generasi terbaik R6.

R6 terbaru itu telah ditunjang dengan sistem elektronik terbaru yang dulu absen pada generasi sebelumnya seperti ABS, riding mode via ride-by-wire, traction control, serta optional quickshifter. Traksi kontrol baru ini memiliki enam level yang bisa diatur dan juga bisa dimatikan.

Traksi kontrol enam level tidak hanya membantu me-minimize ban slide namun juga membuat pemakaian ban lebih awet khususnya saat digunakan ke sirkuit. Dibekali juga dengan ride-by-wire system memungkinkan pengendara untuk menyeting dalam tiga riding mode berbeda sehingga bisa mengubah respons mesin serta engine mapping bila dibutuhkan.

Untuk meningkatkan handling motor ini, Yamaha membekali suspensi yang lebih besar, menggunakan KYB 43mm. Bobot New Yamaha R6 lebih ringan  dari versi sebelumnya, tanki kini lebih ringan 1,2 kg dengan magnesium sub-frame.

Di benua Eropa motor ini kabarnya mulai dipasarkan pada April 2017 dengan harga sekitar €13,995 atau sekitar Rp201 juta. Sementara di Amerika Serikat dijual dengan harga US$12,199 atau sekitar Rp162 jutaan. Kemungkinan motor tersebut akan dibanderol dengan harga berbeda di tiap negara.[]

 

Sumber: VIVA

Ke Atas