Sejarah

Ini Harapan Cucu Sultan Alaidin Muhammad Daud Syah, kepada Pemerintah Aceh

Mercinews.com, Banda Aceh – Cucu Sultan Alaidin Muhammad Daud Syah, Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nur Alam benti Tuanku Radja Ibrahim kepada Pemerintah Aceh agar di kemudian hari nanti bisa mengurus dan membawa pulang kembali keturunan cucu-cucu Kesultanan ke Aceh. 

Sosok yang akrab disapa Jaja dan menetap di Mataram, Lombok ini mengatakan, selama ini banyak sekali cucu-cucu Kesultanan Aceh yang masih berada di luar Aceh dengan kondisi memprihatinkan.

“Loen lakee bak Pemerintah Aceh sinoe beu geutem uroh dan puwoe lom lon keunoe. Bahjeut lon saweu ngon meudo’a bak kubu ureueng chiek lon sinoe. Marwah raja-raja ngon syuhada-syuhada Aceh beumeugisa ulang,” kata Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nur Alam saat bersilaturahmi ke rumah dinas Ketua DPR Aceh, Tgk Muharuddin, Banda Aceh pada Kamis malam, 21 Desember 2017.

Sementara itu, Ketua DPR Aceh, berharap agar Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nur Alam agar senantiasa diberikan keberkatan dan kesehatan. 

“Uloen lakee izin doa bak Ummi beu ek lon peutrok amanah nyoe bak Gubernur Aceh, Insya Allah,” kata Tgk Muhar.

“Apalagi selama ini ironis sekali, kondisi kesehatan Jaja yang sudah memprihatinkan. Ini belum lagi masalah administrasi dengan Pemerintah NTB karena Jaja ini sudah dianggap sebagai orangtua dan nenek masyarakat NTB sendiri. Ini menjadi pelajaran bagi kita bagaimana pemerintah luar masih sangat menghargai Jaja sebagai garis keturunan sultan Aceh. Jadi harapan kita ke depan agar Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf agar bisa mengurus beliau untuk bisa tinggal di Aceh sebab ini adalah tanah kelahirannya,” ujarnya lagi.[] mediaaceh

Ke Atas