Sport

Pebalap Keturunan Indonesia Berpeluang Debut di GP Malaysia

Mercinews.com, Jakarta-Pebalap keturunan Belanda dan Indonesia, Michael van der Mark, diklaim berpeluang memulai debut di MotoGP Sepang. Dilansir dari Crash.net, Van der Mark dirumorkan menjadi favorit dari beberapa pengganti Jonas Folger di Yamaha Tech 3.

Sebelumnya, Folger dipastikan absen di tiga balapan sisa MotoGP karena masih menderita sakit terkena virus Epstein Barr.

Pihak Yamaha Tech 3 sebelumnya memasukkan dua kandidat pebalap pengganti Folger di Sirkuit Philipp Island, MotoGP Australia, Minggu (22/10), yaitu Kohta Nozane dan pebalap lokal Broc Parkes.
Jonas Folger tak bisa tampil pada tiga seri sisa MotoGP musim ini karena mengalami sakit. (Jonas Folger tak bisa tampil pada tiga seri sisa MotoGP musim ini karena mengalami sakit. (AFP PHOTO / Robert MICHAEL)

Sebelumnya, Nozane sudah dijajal Yamaha Tech 3 di uji coba balapan Sirkuit Twin Ring, MotoGP Jepang.

CNN INDONESIA
“Yamaha memang amat menginginkan Kozane di Jepang. Saya senang kami bisa melakukannya. Saya pikir itu juga bagus bagi para fan dan media di Jepang dan (Nozane) kini tahu lebih banyak soal MootGP meski jika ia tak tampil sesuai keinginannya,” ucap Poncharal.

Keinginan Yamaha Tech 3 untuk menurunkan Nozane di Malaysia tampaknya tertutup karena diakui Poncharal, pebalap asal Jepang itu mengalami cedera patah tangan.

Yamaha Tech 3 akhirnya pun mendaftarkan Broc Parkes di GP Australia, pada Minggu (23/10) nanti. Ia hanya mampu finis di posisi ke-21 pada kualifikasi GP Australia.

“Untuk pekan ini (GP Australia), kami tahu Broc sudah melakukan uji coba di sini (GP Australia) beberapa waktu lalu bersama Michelin dan M1. Yamaha Jepang memberi tahu saya: ‘Ini saatnya dan pria ini akan lolos kualifikasi.'” terang Poncharal.

“Saya sangat senang dengan Broc, pebalap yang sangat cepat dan baik. Ia sudah bersenang-senang dan mengalami kemajuan.”

Pada seri berikutnya di GP Malaysia, Sirkuit Sepang, bos Tim Yamaha Monster Tech 3, Herve Poncharal, juga sudah mengantongi nama-nama pebalap pengganti. Mereka adalah Van der Mark, Broc Parkes dan Alex Lowes.

“Bisa saja Broc lagi di Sepang. Kemudian tentunya kami juga bicara (peluang) dua pebalap Superbike Yamaha, Alex Lowes dan Michael van der Mark, serta beberapa mantan pebalap Moto2 lainnya juga telah menghubungi saya.”

“Kami sudah setuju dengan semua pebalap bahwa belum ada yang bisa diumumkan sebelum Senin (23/10),” terang Poncharal.

Van Der Mark sebelumnya digadang-gadang tampil di GP Aragon menggantikan pebalap andalan Movistar Yamaha, Valentino Rossi, yang mengalami cedera. Namun, hal itu tak kesampaian karena Rossi memutuskan kembali mengaspal setelah menjalani masa pemulihan cedera kaki selama 24 hari

Ke Atas