Umum

MA Tolak Gugatan YARA, Bendera Aceh Sudah Bisa Dikibarkan

Mercinews.com – Banda Aceh – Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) terkait dengan uji materil qanun Nomor 3 Tahun 2013 tentang Lambang dan Bendera Aceh. Gugatan tersebut ditolak MA karena dianggap tak miliki legal standing.

Direktur YARA, Saffaruddin membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan penolakan yang dilakukan MA itu adalah titik terang terhadap polemik bendera Aceh selama ini. Dengan ditolaknya judical review tersebut maka dengan kata lain bendera Aceh sudah dapat dikibarkan karena sudah tak ada lagi masalah yang krusial.

“Sekarang gubernur tinggal buat Pergub (peraturan gubernur) untuk pengibaran bendera tersebut. Sekarang bendera sudah bisa dikibarkan, tidak ada masalah lagi sebenarnya,” ucap Safaruddin, Rabu, 19 Juli 2017.

Ketua DPRA, Tgk, Muharuddin juga mengatakan hal senada. Politisi Partai Aceh ini mengatakan polemik bendera sudah sepatutnya diselesaikan sesegera mungkin karena banyak persoalan lain yang butuh perhatian. Ia pun meminta guernur yang baru untuk mengambil tindakan cepat terkait dengan polemik tersebut.

“Tinggal sekarang keberanian gubernur saja, kalau di DPRA sudah selesai, kita sudah qanunkan. Sekarang untuk menjalankan qanun itu ada di eksekutif,” ucap Tgk. Muharuddin kepada portalsatu.com melalui sambungan telepon.

Ia menegaskan polemik bendera saat ini sudah sangat meruncing dan penyelesaiannya pun sangat sederhana yaitu ketegasan dan gerak cepat dari gubernur. Terkait dengan modifikasi bendera ia menganjurkan eksekutif untuk membicarakan masalah tersebut dengan seluruh elemen di Aceh.

Ketua DPRA berharap persoalan bendera harus cepat diselesaikan agar tak banyak menyita waktu seperti sebelumnya. Ia mengatakan kasus kesejahteraan seperti kemiskinan harus mendapat perhatian. Sebab itu polemik bendera yang sudah berada di ujung persoalan harus diselesaikan sesegera mungkin.

Terkait dengan kedudukan hukum bendera dan lambang Aceh, portalsatu.com juga mencoba menghubungi Karo Hukum Pemerintah Aceh yaitu Edrian. Namun, sejak siang tadi Edrian tak menjawab beberapa panggilan dari wartawan. Sampai saat ini Edrian juga belum bisa dihubungi.[] portalsatu.com

 

Mercinews.com memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

[email protected]

[email protected]

Copyright © 2016-2018 Mercinews.com. All Rights Reserved.

Ke Atas