Sport

Marquez Kecolongan di Lap Terakhir, Dovizioso Juara GP Jepang

Mercinews.com, Motegi – Andrea Dovizioso benar-benar menempatkan namanya sebagai kandidat juara dunia MotoGP musim ini. Tampil di Grand Prix Jepang, pembalap Ducati Corse sukses meraih podium pertamanya di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (15/10/2017) siang WIB.

Secara keseluruhan Dovizioso telah mencetak kemenangan di Sirkuit Twin Ring Motegi sebanyak dua kali. Sebelumnya terjadi pada tahun 2004 atau saat Little Dragon masih berada di kelas 125cc.

Pada balapan yang berlangsung dalam kondisi basah di Sirkuit Twin Ring Motegi, Marquez yang berada di barisan pertama sukses mengambil alih balapan dari Johann Zarco. Juara dunia MotoGP musim lalu itu langsung melesat ke posisi terdepan.

Sementara Jorge Lorenzo, Danilo Petrucci, dan Zarco terus mengekor kecepatan kuda besi RC213V. Memasuki tikungan terakhir, Marquez kehilangan tempat setelah X-Fuera menyalipnya.

Pertarungan semakin sengit ketika memasuki lap ke-23, terutama ketika Petrucci sukses mengambil alih balapan. Beberapa putaran telah dilalui dan ancaman tim Ducati benar-benar berbahaya di balapan kali ini.

Pasalnya, Andrea Dovizioso berhasil memperbaiki posisinya dengan berada di urutan ketiga atau tepat di belakang Marquez. Sementara Lorenzo sempat keluar dari posisi lima besar lantaran ada senggolan yang dilakukan Zarco.

Setelah lima putaran berlangsung atau tepatnya di lap 19, Rossi terjatuh dan gagal melanjutkan balapan. Ini merupakan kali kedua juara dunia tujuh kali di kelas utama MotoGP gagal menyentuh garis finis. Sebelumnya atau di Le Mans (Prancis), dia juga gagal setelah terjatuh di tikungan terakhir.

Beralih ke balapan, Marquez akhirnya sukses meruntuhkan keperkasaan Petrucci di 12 lap tersisa atau tepatnya di tikungan ke-11. Pemilik nomor 93 itu memimpin balapan disusul Dovizioso.

Memasuki enam lap terakhir, Dovizioso mempertontonkan kebolehannya dalam menunggangi kuda besi saat ia sukses menyalip Marquez. Sayangnya, dia hanya mampu mempertahankan posisinya selama tiga lap saja, sebab Si Bayi Alien kembali memimpin balapan.

Tapi Dovizioso tak mau menyerah dia tetap memberikan perlawanan sengit hingga lap terakhir dan berhasil mengunci kemenangan di Motegi. Marquez awalnya sempat melakukan manuver berbahaya di tikungan terakhir, beruntung Dovi mampu mengendalikannya dan menutup balapan seri 15 dengan kemenangan.

Hasil positif ini masih belum mampu mengudeta Marquez. Dovizioso tetap bertahan di peringkat kedua dengan raihan 233 poin atau tertinggal 11 angka dari pembalap Repsol Honda tersebut.
(sha) Sumber: Sindonews.com

 

Ke Atas