Otomotif

Ini Jagoan Baru Kawasaki: Z900

Mercinews.com, Banda Aceh – Setelah meluncurkan varian Versys-X 250 dan Z650 di Indonesia akhir tahun lalu, Kawasaki kini bakal memasukkan satu lagi streetfighter berlabel Z900. Motor ini pertama kali diperkenalkan di dunia melalui pameran EICMA Milan 2016. “Betul Z900 akan masuk, tapi waktunya kapan nanti akan dikasih tahu, karena kita menunggu yang produksi 2017,” ungkap Michael C. Tanadhi, Deputy Head Sales and Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia.

Di laman resmi Kawasaki Indonesia kini memang terpajang sebuah gambar misterius. Foto yang diberi judul “Coming Soon, March 2017” itu hanya menunjukkan bagian tangki motor, jok, hingga buntut yang lekukannya relatif ekstrem. Sementara seluruh latarnya berwarna hitam.

Agustus tahun lalu, Kawasaki sempat mendapat izin untuk uji tipe ZR900. Motor ini memiliki mesin sebesar 948 cc dengan empat silinder segaris. Mesinnya dapat menyemburkan tenaga 126 Tk.

Z900 merupakan model baru Kawasaki yang dibuat untuk mengisi celah kosong antara Z1000 dan Z800. Sasisnya menggunakan jenis teralis. Untuk bobotnya sendiri mencapai 210,5 kilogram.

Streetfighter sendiri merupakan salah satu aliran modifikasi sepeda motor yang cukup digemari di Amerika dan Eropa. Streetfighter awalnya istilah yang digunakan untuk motor-motor yang sengaja dimodifikasi dengan mengganti sejumlah komponen.

Model motor ini menitikberatkan pada kemungkinan meningkatkan kecepatan dan handling, tapi tetap setia pada gaya kekar nan menakutkan. Jadi jelas berbeda dengan sportbike yang menekankan kecepatan dengan gaya sporty.Beberapa ciri khas streetfighter adalah stang jepit ala motorcross yang lebar. Selain itu, buntutnya tinggi dan memiliki knalpot bersuara nyaring.

Sementara, Kawasaki tipe Z sudah meluncur sejak 1972. Seri Z pertama adalah Kawasaki Z1. Ide menggunakan nama Z pada mulanya karena huruf tersebut dianggap sebagai nomor paling wahid di dunia ada zaman itu. Z1 menjadi motor dengan kapasitas cc terbesar (903cc) pada saat itu. Dengan teknologi DOHC 4-silinder membuat motor ini menarik perhatian pencinta motor dalam waktu singkat, terutama di Amerika.

Z1 mengusung bentuk tangki bensin yang seksi dengan dipasangnya kuartet knalpot monokrom dan mesin ala naked bike. Setelah itu, Kawasaki mulai meluncurkan seri-seri terbaru seperti yang paling pamor adalah varian Ninja.
Adapun Kawasaki Z900 menggunakan suspensi depan berukuran 41 milimeter dengan fitur rebound dan preload adjustable. “Petarung jalanan” ini remnya menggunakan cakram 300 milimeter yang dicengkram kaliper Nissin 4 piston, dan sudah dilengkapi ABS.

Untuk pasar Asia Tenggara, Kawasaki Z900 sudah diluncurkan di ajang Thailand Motor Expo 2016, menyusul kemudian Malaysia. Sekarang, dipastikan akan dijual juga di Indonesia Maret tahun ini,[] sumber:ajnn.net

Ke Atas