Sejarah

Tgk Ni dan Anggota Dewan PA Ziarah ke Makam Cut Nyak Dhien di Sumedang

Mercinews.com, Jawa Barat – Ketua Komite Peralihan Aceh Wilayah Samudera Pase Teungku Zulkarnaini Hamzah bersama sejumlah anggota DPRK Aceh Utara dan anggota DPD RI Fachrurrazi  dari Partai Aceh berziarah ke makam Cut Nyak Dhien di Gunung Puyuh, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu 8 November 2017.

Kegiatan ziarah tersebut selain untuk mendoakan pahlawan Aceh tersebut, juga kegiatan napak tilas terhadap indatu pahlawan Aceh di Pulau Jawa. Ketua KPA Wilayah Semudera Pase juga didampingi ketua DPRK Aceh Utara Ismail A Jalil atau akrab disapa Yahwa, ikut serta   Arafah, Nurdin Hasbi dan Fauzi alias Cempala.

“Alhamdulillah, lon ngon tim dewan dari Partai Aceh ka teuka bak pusara pahlawan Cut Nyak Dhien, di Sumedang, nyoe bagian kegiatan seutot taloe rauh indatu di Pulau Jawa (Alhamdulilllah, saya dan anggota dewan dari Partai Aceh sudah sampai di makam Cut Nyak Dhien di Sumedang, ini adalah kegiatan napak tilas terhadap pahlawan Aceh di Pulau Jawa),” terang tokoh eks GAM akrab disapa Tgk Ni kepada portalsatu

Tgk Ni menjelaskan, rombongan yang berangkat dari Jakarta pada pagi sampat ke lokasi sekitar pukul 13.00 WIB. Usai memanjatkan doa, Tgk Ni menyampaikan tausiah singkat mengajak semua lapisan masyarakat Aceh untuk mengenang kembali sejarah dan jasa-jasa perjuangan para Pahlawan Aceh.

“Na saboh tanda yang jroh bak kunjungan bunoe, pah kamoe troh mantong seuum uroe, aleuh meudoa bersama langsung jitoh ujuen, (ada pertanda baik yang kami alami tadi saat tiba, awalnya masih terik, namun usai berdoa tiba-tiba turun hujan),” tambah Tgk Ni.

Rencananya, Tgk Ni bersama rombongan dalam beberapa hari ke depan akan mengunjungi ke jumlah makam pahlawan Aceh lainnya di Pulau Jawa, makam Fatahillah di Cirebon, Jawa Barat, yaitu pahlawan asal Pase yang membebaskan Jakarta dari penjajahan Portugis, kemudian ke Makam Syech Maulana Malik Ibrahim di Desa Gapura, Gresik, Jawa Timur  dan Makam Makam Sultan Muhammad Daud Syah di Rawamangun, Jakarta Timur.[] Portalsatu.com

Ke Atas