Sport

Marc Marquez Bernafsu Jadi Juara di GP San Marino

Mercinews.com,  SAN MARINO — Marc Marquez menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan bebas (FP) 3 GP San Marino, Sabtu (9/9). Ia lebih unggul dari pembalap Movistar Maverick Vinales. Catatan waktu Marquez 1 menit 32,958 detik, sementara Vinales 1 menit 33,112 artinya ada selisih 0,154 detik di antara keduanya.

Vinales terus berupaya untuk menggusur posisi pembalap Repsol Honda tersebut. Tapi upaya tak berbuah hasil.

Cal Crutchlow yang di beberapa seri tampil dengan sangat baik, terutama pada saat sesi FP berada di urutan ketiga dengan 1 menit 33,240 detik. Ia hanya lebih lamban 0,128 detik dari Vinales.

Sang pemimpin klasemen sementara MotoGP Andrea Dovizioso berada di urutan keempat dengan catatan waktu 1 menit 33,334 detik. Lebih unggul 0,094 detik dari rekan setimnya di Ducati Jorge Lorenzo yang mencatatkan waktu 1 menit 33,414 detik.

Ketidakhadiran Valentino Rossi membuat peta persaingan di MotoGP berubah. Lantaran cedera saat latihan motocross pada 31 Agustus kemarin, Rossi patah tulang fibula pada kaki kanannya. Ia harus beristirahat selama 30 sampai 40 hari. Artinya ia harus istirahat pada GP San Marino dan kemungkinan GP Aragon.

Saat ini, Rossi yang dijuluki The Doctor menempati peringkat keempat klasemen sementara. Melihat tiga sesi FP di San Marino pembalap-pembalap teratas klasemen diprediksi akan mengusai seri ini. Di bawah Rossi ada Dani Pedrosa dan Johann Zarco. Kedua tampil cukup baik di sesi latihan. Meski belum bisa menggungguli Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso yang tampil mengejutkan musim ini, tapi Pedrosa dan Zarco berdua mempertahankan tempat di sepeluh besar.

Marquez sangat bersemangat untuk merebut kembali posisi puncak klasemen. Pada sesi latihan dua, Andrea Iannone mengacaukan latihan start Marquez. Marquez marah atas hal tersebut dan mengatakan pada latihan start sangat penting baginya karena dari latihan ini ia bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk maengatur torsi.

“Dengan Iannone, kami selalu sedikit bermain-main. Tapi kali ini saya tidak ingin bermain, karena saya ingin berkonsentrasi pada gelar juara,” ujar Marquez.

Tanpa kehadiran Rossi di San Marino, Marquez diprediksi bakal mudah merebut posisi puncak klasemen. Karena di beberapa seri seperti di Argentina dan Amerika Serikat, Rossi selalu mengancam Marquez di posisi depan.

Gagal finis di Inggris pada balapan sebelumnya tentu semakin membuat Marquez ingin mendapatkan hasil yang terbaik di San Marino. Tapi, Dovizioso yang masih memimpin klasemen tentu tidak akan membiarkan pembalap asal Spanyol tersebut menang dengan mudah. Sebagai pembalap tuan rumah dan dalam performa terbaiknya, Dovizioso menjadi pembalap favorit di GP Italia ini.[] Republika.co.id

Ke Atas