Budaya

Menikmati Martabak Durian di Festival Lhokseumawe

Lhokseumawe –Beragam sajian mengundang selera tersaji di Festival Lhokseumawe Beranda Depan Indonesia. Semua makan itu diolah dan disajikan langsung dengan ciri khas yang menonjolkan kekayaan budaya. Mulai dari mie Aceh, kuah tuhe hingga martabak durian.

Festival ini diselenggarakan oleh PT Pelindo I di Kafe3 Pardede, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Sabtu (8/4). Salah satu yang menarik perhatian adalah kuah tuhe. In merupakan unik, dari proses pembuatan hingga rasanya.

Masakan lain yang juga diburu para pengunjung pameran adalah martabak durian. Sekilas, martabak ini tak berbeda dengan martabak mesir yang biasa tersaji di banyak tempat di Lhokseumawe. Namun canai yang biasa membalut telur ayam dan daging olahan itu berganti dengan daging durian di dalamnya.

Martabak durian biasanya dijual dengan harga Rp 7.000. Selain martabak durian, makanan khas Aceh lainnya yang terdapat di arena festival kuliner tersebut adalah bulukat kuah tuhe, timphan asoe kaya, mi caluek, mi Aceh, dan sejumlah makanan khas Aceh lainnya.

“Pergelaran festival kuliner ini menjadi salah satu upaya bagi kami untuk mendorong kekayaan budaya dan kuliner Aceh, Lhokseumawe khususnya, agar lebih dikenal oleh masyarakat luas,” ujar Direktur Keuangan PT Pelindo I, Farid Luthfi.

Menurut dia, kekayaan masakan khas Aceh tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat. Seluruh kuliner mempunyai etnis dan ciri khas berbeda dari daerah-daerah lain di Indonesia. Inilah kelebihan yang dapat mengundang wisatawan luar daerah berkunjung ke Lhokseumawe.

“Ketika wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke Lhokseumawe, ada makanan khas yang dinikmati. Dan tentunya objek wisata juga akan menjadi salah satu yang akan mendongkrak pada sektor ekonomi ” katanya.

Tak hanya aneka kuliner khas Aceh, festival tersebut juga menghadirkan Chef dan kuliner luar negeri. Mereka di antaranya, Chef Hinam dengan Srilanka Food dan Chef Uki. Koko ini menyajikan sushi khas Negeri Sakura.[]

sumber:ajnn.net

Ke Atas