Daerah

Tugu Marinir di Kota Calang Aceh Jaya Dibongkar         

Mercinews.com, Aceh Jaya – Tugu yang dibangun Yoni Zeni 01 Marinir di Kota Calang Aceh Jaya pada tahun 2005 silam dibongkar. Dari Amatan  di lokasi, pembongkaran dilakukan sejak pukul 11.00 yang dikawal polisi lalu lintas Polres Aceh Jaya.

Bunimar (59) warga Sentosa Calang mengatakan bangunan Tugu Manirir itu dibangun pada tahun 2005 pasca Tsunami melanda Kota Calang Aceh Jaya 2004 silam.

Bangunan tugu itu merupakan bagian dari sejarah di mana saat musibah Tsunami datang, TNI AL (Marinir) salah satu pihak yang pertama kali membersihkan Kota Calang dan membantu evakusi korban tsunami di kawasan itu.

“Saya mendengar pembongkaran ini dilakukan untuk membangun tugu yang baru,” kata Bunimar kepada ajnn yang ikut menyaksikan pembongkaran Tugu Marinir Kota Calang.

Bunimar mengaku belum tahu seperti apa bangunan tugunya baru yang akan dibangun, namun dia pernah mendengar tugu yang baru sama seperti bangunan tugu yang lama sebelum tsunami

Bunimar menjelaskan, jika bangunannya seperti bangunan tugu sebelum tsunami adalah tugu bambu runcing, tugu bambu runcing adalah peninggalan sejarah perang belanda, di mana masyarakat Aceh tempo dulu melawan belanda hanya menggunakan bambu runcing sebagai senjata.

“Dulu tugu bambu runcing kota calang merupakan sejarah peninggalan belanda,” pungkasnya.[] Sumber: ajnn.net

 

Ke Atas