Daerah

Tentara Dilindas Motor Saat HUT Ke-72 TNI di Banda Aceh

Mercinews.com, Banda Aceh – Peringatan HUT ke-72 TNI di Banda Aceh, Aceh, diramaikan aksi ekstrem. Ada tentara dengan mata tertutup melindas temannya memakai motor dan aksi lainnya.

Pantauan detikcom, upacara HUT ke-72 TNI digelar di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Aceh, Kamis (5/10/2017). Seusai upacara, sejumlah penampilan dipamerkan. Aksi silat kolosal yang diikuti 1.200 prajurit TNI dari berbagai satuan menarik perhatian warga. Mereka memeragakan adegan demi adegan dalam permainan silat.

Tepuk tangan warga membahana. Seusai silat, dua prajurit TNI tetap berada di depan panggung utama. Mata mereka tiba-tiba ditutup dengan kain hitam dan diarahkan berjalan ke satu unit motor. Dengan langkah tertatih-tatih, keduanya berjalan sambil dituntun dua pasukan lain.

Satu prajurit menjadi pengemudi dan satu lagi berdiri di atas motor sambil memegang pedang. Motor yang ditumpangi keduanya mengaspal di depan panggung. Sepanjang jalan, ada enam serdadu yang tidur dengan posisi tiga di lokasi motor pertama berjalan dan tiga di titik finis.

Tentara Dilindas Motor Saat HUT ke-72 TNI di Banda AcehPecahkan batu dengan kepala. (Agus Setyadi/detikcom)

Prajurit yang berdiri di belakang berusaha menghunuskan pedang ke semangka yang ditaruh di atas tiang. Aksi pertama, mereka melintas keenam prajurit TNI namun semangka tidak ada yang hancur. Motor kemudian kembali ke posisi semula.

Tak ingin menyerah, motor yang dikemudikan keduanya kembali berjalan. Tiga prajurit yang tidur berdempetan, lagi-lagi diinjak dan tiga semangka hancur. Motor terus berjalan hingga berhenti setelah melintasi tiga prajurit terakhir. Peluit ditiup agar kedua prajurit bermotor ini tidak menabrak warga. Tepuk tangan kembali riuh.

Berbagai atraksi dan parade lain juga ditampilkan. Ada aksi memecahkan batu dengan kepala serta memecahkan balok es dan beton. Sebelum upacara dimulai, juga ada penampilan drama ‘Cut Mutia’, yang diperankan dengan apik. Warga lintas usia ikut memenuhi lokasi untuk menyaksikan kemeriahan HUT ke-72 TNI.

Tentara Dilindas Motor Saat HUT ke-72 TNI di Banda AcehMemecahkan beton (Agus Setyadi/detikcom)

Kasdam Iskandar Muda, Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, mengatakan Indonesia merupakan bangsa yang khas karena berhasil merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Sebabnya, negara yang berjuang sendiri untuk merebut kemerdekaan hanya ada beberapa di dunia, bahkan dapat dihitung dengan jari.

“Kita merdeka bukan diberi, tapi kita rebut. Waktu itu tentara belum ada jadi rakyat dan laskar-laskar itu merebut kemerdekaan. Baru setelah itu laskar-laskar ini diorganisasi menjadi TNI. Ini tetap kita gelorakan bersama rakyat TNI kuat. Karena memang TNI itu berasal dari rakyat,” kata Daniel kepada wartawan seusai acara.

Tentara Dilindas Motor Saat HUT ke-72 TNI di Banda AcehMemecahkan balok es (Agus Setyadi/detikcom)

Menurutnya, prajurit TNI pada masa damai seperti saat ini juga aktif berinteraksi dengan masyarakat lewat operasi militer nonperang. Mereka dilibatkan dalam berbagai kegiatan, seperti TMMD, bakti sosial, dan karya bakti.

“Ke depan TNI tetap berlatih untuk meningkatkan profesionalisme dan meningkatkan kemampuan,” ungkap Daniel.(fay/tor) detik.com

Ke Atas