Berita

Ahli Bangunan Unsyiah Sebut Kantor Bupati Layak Dibongkar

Mercinews.com, Sigli — Tim ahli bangunan dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sudah menyelesaikan laporan uji teknis terhadap kontruksi bangunan kantor bupati Pidie. Dalam laporanya, tim ahli yang diketuai Dr. Muttaqin menyatakan bahwa bangunan kantor bupati Pidie layak dibongkar dan dibangun kembali.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Pidie, Zulkifli mengatakan sudah menerima laporan uji teknis bangunan dari Unsyiah tersebut pada Kamis 27 Juli 2017 dan laporan tersebut sudah diserahkan ke Sekda Pidie.

“Namun belum sempat kami serahkan kepada Bupati Pidie Roni Ahmad karena kesibukan beliau,” kata Zulkufli, Selasa (2/08/2017).

Kantor Bupati Pidie yang ada saat ini telah berusia 34 tahun. Gedung ini sudah beberapa kali diguncang gempa kuat, namun tetap berdiri kokoh sampai saat ini.

Namun kesimpulan tim ahli bangunan, kekuatan struktur bangunan tersebut hanya tersisa 40 persen dari yang diperlukan bangunan untuk memikul beban minimum.

Karena itu, menurut ahli bangunan, penggunaan gedung kantor bupati dan sekdakab Pidie tersebut sangat berbahaya, terutama saat terjadi gempa karena bisa menyebabkan keruntuhan secara tiba-tiba,[]

 

Ke Atas