Budaya

Ibu Pertiwi, Judul Teater Siswi SMAN 4 Banda Aceh yang Diaplaus

Banda Aceh – Penampilan Teater dari siswi-siswi SMAN DKI Jakarta Banda Aceh mendapat aplaus dari kalangan peserta dan undangan yang hadir pada acara perlombaan Seni “Peusapat” (Culture Of Art and Music) yang digelar SMANPAT di area Sekolah SMAN 4 DKI, Lampineung, Banda Aceh, Sabtu 1 April 2017.

Teater yang bercerita tentang Bhineka Tunggal Ika tersebut tidak diperlombakan, namun menjadi penampilan yang ditunggu-tunggu oleh siswa dan undangan.

“Ibu Pertiwi” berkisah tentang lahirnya pulau-pulau dari sabang sampai Marauke. Ibu pertiwi disimbolkan dengan seorang perempuan cantik mengenakan busana merah, sementara pengikut lainnya mengenakan busana hitam dengan tutup kepala merah putih.

Sementara kebergaman dikisahkan melaluin simbol lagu daerah seperti lagu Jawa, Aceh, Irian, Maluku dan lain-lain.

Ibu Pertiwi diperankan oleh 15 siswi binaan SMAN DKI Banda Aceh di bawah bimbingan guru kesenian Yeti Mulyati. Teater ini juga merupakan finalis Festival Teater se-Aceh yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan pariwisata Aceh pada tahun 2016 lalu.

Acara acara perlombaan Seni “Peusapat” (Culture Of Art and Music) berlangsung selama 2 hari Sabtu dan Minggu 1-2 April 2017 mulai pukul 09.00 WIB, dan dikuti 13 SMA se-Banda Aceh.[]

Sumber:portalsatu.com

Ke Atas